W88top trò chơi online
Menu

Di Bogor, Lama Sekolah Masih Setingkat SMP

0 Comment


POJOKJABAR,BOGOR.com – Lembaga Studi Visi Nusantara Maju menyelenggarakan sebuah dialog pendidikan dengan tema “Pendidikan di Kabupaten Bogor: Antara Harapan dan Realitas”, Sabtu (1/12) di aula kantor  Kecamatan Tamansari. Dialog ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari guru-guru Kecamatan Tamansari dan Ciapus, tokoh masyarakat setempat, para pegiat pendidikan.
Hadir dalam acara tersebut, Arsyad, pengamat pendidikan dan akademisi serta Fajar Riza Ul Haq, sebagai representasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Isu utama yang diangkat dalam dialog ini adalah berbagai permasalahan yang terjadi sebagai realitas yang hadir di dunia pendidikan Kabupaten Bogor. Isus ini tidak hanya menjadi konsentrasi pemerintah daerah Kaupaten Bogor, namun juga menjadi perhatian bersama.
Dalam pemaparannya, Arsyad menyampaikan bahwa rata-rata lama sekolah peserta didik di Kabupaten Bogor masih setingkat SMP. Bahkan, ini belum masuk peluang karir berbasis pelatihan kerja dimana minimal pendidikannya harus setingkat SMA atau SMK.
“Masih terdapat cukup banyak masalah fundamental yang kita hadapi dalam ruang pendidikan di Kabupaten Bogor. Seperti rata-rata lama sekolah yang hanya sampai pada angka 8 tahun atau hampir menamatkan SMP,” ujarnya.
Sedangkan menurut Fajar Riza Ul Haq, angka putus sekolah masih menjadi bagian dari masalah yang dihadapi. Meskipun telah terjadi perbaikan yang cukup signifikan dari 2016 ke 2017.
Tetapi, beberapa motif siswa putus sekolah yang disebabkan akses yang sulit menjadi PR penting bagi Pemkab Bogor.
“Ada di salah satu daerah di Kecamatan Cibungbulang, anak-anak SD tidak melanjutkan sekolah ke SMP karena jarak terdekat SMP dari rumah tinggal mereka sekitar 4-5 kilo. Hampir tidak mungkin diakses dengan jalan kaki. Sehingga banyak anak putus sekolah dan mendorong anak-anak perempuan masuk pada masalah pernikahan dini karena usia yang semakin dewasa dan tidak sekolah,” terangnya.
Fajar menambahkan bahwa solusi paling relevan untuk berbagai permasalahan pendidikan di Kabupaten Bogor, adalah harus berfokus pada perumusan kebijakan pendidikan, politik anggaran, dan kontrol pada implementasi kebijakannya. Sehingga akan terhindar dari banyaknya kebocoran anggaran yang banyak terjadi hari ini.
Sementaram itu, Direktur Lembaga Studi Visi Nusantara Maju, Ramdan Nugraha, dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum tersebut menjadi salah satu fokus kerja lembaganya dalam upaya membumikan dialog antara tokoh atau ahli dengan masyarakat.
Lembaga Visi Nusantara Maju, kata dia, ingin menciptakan kultur dialog antara ahli dan masyarakat. “Saya kira forum dialog semacam ini sangat perlu untuk diselenggarakan agar masyarakat bisa lebih banyak mendengar sebelum kemudian berpendapat atau memberi penilaian dan kritik,” pungkasnya.
(*/rb)
 

Global Media Journal 8 (1) (2018)
Tuesday September 08, 2020

Ömer Alkin. Filmmaker & Media and Cultural Studies Scholar  http://www.oemeralkin.de/ Ömer Alkin is a media and cultural studies scholar and filmmaker. His research focus is migration, media, film, audiovisual culture and digital education. His book German-Turkish Film Culture in the Context of Migration is the first anthology written in German on this theme for more […]

Thomas Mika of Tegal and James Karis of CollabRx
Tuesday September 08, 2020

news July 2, 2012 Tegal acquisition of CollabRx will bring interpretive content and data analytics to genomics-based medicine. Announcements, In the News Petaluma, Calif., July 2, 2012 — Tegal Corporation (NASDAQ: TGAL) today announced that it has signed a definitive agreement to acquire CollabRx, Inc., a privately held technology […]

The post Thomas Mika of Tegal and James Karis of CollabRx appeared first on M88bet.

The post Global Media Journal 8 (1) (2018) appeared first on M88bet.

FIRMWARE: Beelink GT-King versions C92X/SB9X/SA9X (913P0)
Wednesday September 09, 2020

Firmwares FIRMWARE: Beelink GT-King versions C92X/SB9X/SA9X (913P0) September 8, 2020 Today we can download a new firmware with version 913P0 for the Box Beelink GT-King from which you can read our Review. The Beelink GT-King includes the Amlogic S922X SoC a Hexa Core manufactured in 12nm with 4 ARM Cortex-A73 + 2 ARM Cortex-A53 processors. The GPU […]

The post FIRMWARE: Beelink GT-King versions C92X/SB9X/SA9X (913P0) appeared first on M88bet.

Tags: